20/11/16

Percabangan dan Perulangan pada C++

Posted by ssss on Minggu, November 20, 2016 in | 1 comment
1.   PERCABANGAN
Percabangan adalah suatu pemilihan statement yang akan dieksekusi dimana pemilihan tersebut didasarkan atas kondisi tertentu. Di dalam C++ terdapat dua buah jenis struktur yang digunakan untuk mengimplementasikan suatu percabangan, yaitu dengan menggunakan struktur if/else dan struktur switch.
Statement yang terdapat dalam sebuah blok percabangan akan dieksekusi hanya jika kondisi yang didefinisikan terpenuhi (bernilai benar). Maka otomatis jika statement yang tidak terpenuhi (bernilai salah) maka statement tersebut juga tidak akan tereksekusi.
Berikut ini merupakan operator perbandingan yang bisanya digunakan dalam persoalan percabangan/perulangan:
Operator
Keterangan
> 
Lebih dari
< 
Kurang dari
==
Sama dengan
>=
Lebih dari sama dengan
<=
Kurang dari sama dengan
!=
Tidak sama dengan

A. Kondisi If
Perintah if melakukan pemilihan dari suatu cabang sehingga menghasilkan seleksi dari nilai yang diinginkan. Operasi ini merupakan struktur percabangan yang paling sederhana karena hanya menggunakan satu buah ekspresi yang akan diperiksa.
Perlu diingat bahwa, jika if memiliki satu statement maka tidak diperlukannya kurung kurawal namun jika mempunya dua atau lebih statement maka diwajibkan untuk menggunakan kurung kurawal.

Contoh flowcart if :

Berikut ini contoh pemakaian satu if pada kasus sehari-hari.
Contoh :


B.  Kondisi if dan else
If dan else merupakan perintah percabangan dimana if akan melakukan eksekusi perintah dahulu jika syaratnya terpenuhi namun jika syaratnya tidak terpenuhi maka secara otomatis beralih ke cabang else dan mengeksekusi statement disana. Biasanya kondisi ifelse digunakan dalam dua pecabangan.

Flowchart if else:


C. Percabangan if else dan else if (Nested if)
If else dan else if merupakan perintah percabangan dimana if akan melakukan eksekusi perintah dahulu jika syaratnya terpenuhi namun jika syaratnya tidak terpenuhi maka secara otomatis beralih ke cabang else if dan mengeksekusi statement disana. Ketika semua kondisi tidak memungkinkan untuk terjadinya eksekusi statement karena tidak memenuhi perintah maka akan dilaksakan eksekusi cabang else. Biasanya kondisi if,else, dan elseif digunakan dalam tiga pecabangan atau lebih.
Contohnya:

Terdapat juga nested if dimana terdapat nilai if dan else yang lebih kompleks yaitu nilai if di dalam if:


D. Switch Case
Switch case dalam C++ digunakan untuk menangani pengambilan keputusan yang melibatkan banyak pilihan, pernyataannya hampir mirip dengan if-else bertingkat. Switch case harus menggunakan tipe data integer atau karater.
Bentuk penulisannya sebagai berikut :

Contoh code :


2.  LOOPING (PERULANGAN)
Perulangan, sebuah bagian program yang bertugas melakukan kegiatan mengulang suatu proses yang diinginkan. Intruksi perulangan sendiri digunakan untuk menjalankan satu atau lebih code sebanyak beberapa kali sesuai dengan kondisi perulangan sendiri.
Perulangan biasanya digunakan untuk:
1. Mengulang proses input data
2. Mengulang proses perhitungan
3. Mengulang output hasil
4. Untuk cek data.
A.  Pengunaan While
                Perintah while adalah pengulangan yang dilakukan oleh program selama (while) dalam keadaan tertentu. Misalnya saja, ada sebuah kondisi yang mengharuskan program agar melakukan “pekerjaan” tertentu selama keadaan itu terpenuhi (true).
Standarisasi penggunaan while:
1. Kondisi
2. Pernyataan
3. Iterasi

Dekalarasi Pengunaan While :

Contoh :
Mencetak angka 1 sampai 10

Maka akan menampilkan


B.  Penggunaan For
Standarisasi penggunaan for:
1. Nilai Awal(Inisial)
2. Penentuan Kondisi
3. Penentuan Perubahan (Penambahan, Pengurangan)

Deklarasi Penggunaan For:




1 komentar: