07/11/16

Apa sih C++ itu?

Posted by ssss on Senin, November 07, 2016 in | No comments
A.  Pengenalan C++
C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh Bjarne Stroustrup, yang merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bong Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an. Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu B. Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix. Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan. Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bel labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an. Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding). Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).
Integrated Development Environment (IDE) adalah sebuah software aplikasi yang memberikan fasilitas kepada programmer komputer ketika membuat program. IDE yang digunakan untuk membangun aplikasi dengan C++, yaitu:
1. Notepad++
2. Zeus IDE
3. Visual Studio C++
4. NetBeans C++
5. Code Block
6. Codelite
7. Eclipse
8. JetBrain Clion
9. Dev C++
10. Dan masih banyak lainnya.


B.  Kegunaan belajar C++ :
1.     Membangun Aplikasi Desktop
Membuat aplikasi desktop merupakan salah satu ranah yang digeluti oleh pengembang perangkat lunak. Dengan menggunakan C/C++, kamu dapat membuat berbagai aplikasi mulai dari sederhana hingga kompleks dengan memanfaatkan GUI library yang disediakan oleh sistem operasi yang kamu gunakan.
2.    Mempelajari Kernel dari Sistem Operasi
Kernel Linux, Windows, dan OSX dibangun menggunakan C/C++. Kernel merupakan kumpulansystem libraries, system calls, hardware driver, compiler, dan beberapa aplikasi untuk user. Kernel merupakan program komputer yang mengelola input/output antara hardware dengan aplikasi yang dibangun oleh seorang programmer.
3.    Mengembangkan Aplikasi Microcontroller
4.    Mengembangkan Teknologi Opensource.
5.    Membuat / Mempelajari Bahasa Pemrograman.
6.    Membuat Library Aplikasi, Membuat Mobile Apps, Games, dll.

C.  Contoh coding sederhana menggunakan C++
 
                 Seperti ini bentuk outputnya
           
      
sumber : Modul Praktikum Algoritma & Pemrograman Asdos

0 komentar:

Posting Komentar